Friday, March 23, 2012

sebab-sebab penderitaan

Febryansyah Andhika Ramadhan
MANUSIA DAN PENDERITAAN
Pengertian Penderitaan
Penderitaan dan kata derita. Kata derita berasal dari kata bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau bathin, atau lahir bathin. Yang termasuk penderitaan itu ialah keluh kesah, kesengsaraan, kelaparan, kekenyangan, kepanasan, dan lain – lain.
Contoh Penderitaan
Contoh penderitaan yang terjadi pada diri manusia antara lain :
  1. Derita kehidupan yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW, mulai dari dalam kandungan sampai lahir didunia menjadi yatim-piatu.
  2. Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsanya.
  3. Bung Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan negara dan bangsanya
sebab-sebab timbulnya penderitaan dapat diperinci sebagai berikut :
*Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia.
*Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitamya. *Penderitaan ini kadang disebut nasib buruk. Nasib buruk ini dapat diperbaiki manusia supaya menjadi baik. Dengan kata lain, manusialah yang dapat mempetbaiki nasibnya. *Perbedaan nasib buruk dan takdir, kalau takdir, Tuhan yang menentukan sedangkan nasib buruk itu manusia penyebabnya.
Karena perbuatan buruk antara sesama manusia maka manusia lain menjadi menderita.
sumber :
http://dharma28.wordpress.com/2011/04/08/bab-6-manusia-dan-penderitaan/

opini :
Menurut saya benar penderitaan itu juga karena perilaku manusia itu sendiri yang di karenakan sifat keteledoran, kerakusan, ingin menang sendiri, keegoisan dan sifat buruk lainnya yang menyebabkan manusia itu bukannya semakin baik malah sebaliknya malah membuat manusia itu sendiri menderita.
Oleh karena itu kita sebagai mausia hendaknya bersifat baik atau paling engga sewajarnya lah dalam menghadapi kehidupan yang fana ini.
Dan juga ada saja orang yang ingin menderita dengan tujuan tertentu. Contohnya seorang pertapa yang mengharuskan menjaani penderitaan agar dapat mempunyai ilmu telepati seperti bertapa di bawah air terjun beberapa hari, lalu puasa sebulan dan masih banyak juga penderitaan lain yang harus di lakukan agar dapat mempunyai ilmu telepati
Kembali tentang sebab – sebab penderitaan
Apabila dikelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab – sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut:

a. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia

Penderitaan yang menimpa manisa karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan ini terkadang disebut nasib buruk. Nasib buruk tersebut dapat berubah menjadi baik. Dengan kata lain manusia itu sendirilah yang dapat memperbaiki nasibnya. Tuhan yang menntukan sedangkan nasib buruk itu manusia penyebabnya. Perbuatan manusia terhadap lingkungannya juga menyebabkan penderitaan manusia. Tetapi kadang manusia itu sendiri tidak menyadarinya, contohnya kita membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan banjir.

b. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan / azab Tuhan

Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakan dan optimisme dapat menjadi usaha untuk mengatasi penderitaan tersebut.


Febryansyah Andhika Ramadhan / Author & Editor

Pria kacamata yang tidak ganteng, tidak tajir namun banyak wanita yang khilaf dengannya.

0 comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Website Template Designed By Febryandhika

Distributed By Febryandhika